Rabu, 19 April 2017

Membuat Toko Online dengan OpenCart

0


Sebelum memulai install CMS OpenCart, alangkah baiknya kalian mengetahui apa itu CMS dan apa saja macam-macam CMS.




Berikut adalah cara untuk install aplikasi CMS yaitu, OpenCart.

1. Sebelum kita install OpenCart, kita install terlebih dahulu Web Server Local terlebih dahulu sebelum nantinya kita upload ke hosting. Ada banyak Web Server Local yang tersedia di internet seperti Xampp, Wamp, dll. Akan tetapi, disini saya menggunakan Xampp. Anda dapat mendownload Xampp disini.
Saya saranan untuk tidak mendownload versi terbarunya, mengapa? Untuk jaga-jaga saja soalnya terkadang PHP, Apache, mySQL versionnya ada yang tidak kompatibel dengan OpenCart-nya. Saya disini menggunakan versi 1.8.1

2. Setelah didownload kemudian install







3. Setelah selesai, jalankan Apache dan MySql dengan meng-klik tombol start di sampingnya pada control panel Xampp. Apache adalah nama web server dan MySQL adan nama database server. 


untuk mencoba, akses http://localhost pada browser anda. Jika muncul tampilan seperti di bawah berikut ini maka web sudah berjalan.



4. Selanjutnya kita akan membuat database untuk menyimpan OpenCart kita nanti. Caranya buka http://localhost/phpMyAdmin nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



5. Buat database baru misal namanya adalah "oc_database". Jika berhasil dibuat akan nampak seperti di bawah ini.


6. Sekarang periksa hak akses pada database "oc_database", dengan klik Check Privileges.

7. Pastikan terdapat satu user yang mempunya akses ALL PRIVILEGES. Biasanya sudah terdapat user "root" sebagai user default. Tapi jika anda ingin menambahkan user lain silahkan buat terlebih dahulu.



8. Database sudah berhasil kita buat, sekarang kita download OpenCart yang nanti akan kita masukkan ke database tadi. Anda bisa download disini.



9. Setelah selesai didownload, extract ke folder xampp/htdocs kemudian rename nama foldernya menjadi "opencart", akan tampak seperti ini.



10. Kemudian buka folder opencart/upload pindahkan semua file yang ada di dalamnya ke foder opencart, anak nampak seperti ini.



11. Kemudian akses http://localhost/opencart dan ikutin petunjuk penginstallannya.



jika nanti terdapat missing seperti dibawah ini, yang perlu anda lakukan adalah me-rename file config-dist.php menjadi config.php.




12. Setelah itu anda akan diminta mengisi user, database name. Isikan username dan database name yang tela kita buat tadi. Kemudian isikan username, password, dan e-mail administrator sesuai keinginan.



13. Klik continue dan di tahap akhir yang harus anda lakukan adalah menghapus foldee install. Sekarang Anda sudah bisa login ke Administration untuk mengelola online shop anda. Anda juga dapat melihat tampilan sementara online shop anda.




Alhamdulillah online shop nya sudah jadi meskipun masih dalam server local.

Sehingga, tampilan online shop kita akan nampak seperti ini.
tampilan web "PecintaGadget" untuk Tugas Kelompok Softskill

Catatan :
Screenshot dan step by step copy-paste dari sumber dibawah dengan sedikit editing. 

Sumber :
"Membuat Toko Online Sendiri Dengan Opencart Gratis"
https://lydifashion.wordpress.com/2013/12/09/membuat-toko-online-sendiri-dengan-opencart-gratis/ diakses pada tanggal 18 April 2017

"[SHARE] Membuat Toko Online menggunakan CMS Opencart"
http://zidniyr.blogspot.co.id/2017/04/share-membuat-toko-online-menggunakan.html diakses pada tanggal 18 April 2017

0 komentar:

Posting Komentar